Jejak Khilafah di Sulawesi: Membongkar Hubungan Politik & Spiritual yang Dilupakan part 5

by -4 views

Oleh: Nicko Pandawa

Tsaqofatuna.id Pada awalnya, Trio Dato’ terlebih dulu berlabuh di Bua (sebelah selatan Palopo). Mereka disambut oleh seseorang bernama I Assalang Tenriajeng. Dia adalah seorang pemuka Bua yang telah memeluk Islam, tetapi masih sembunyi-sembunyi. Tenriajeng tidak berani menunjukkan keislamannya selagi penguasa Luwu’ masih dalam kepercayaan lama.[3]

Oleh kerana itu dia sangat gembira ketika mengetahui seandainya Syaikh ‘Abdul Ma’mur, Sulayman dan ‘Abdul Jawad adalah utusan yang benar-benar serius mensasarkan penguasa Luwu’ untuk masuk Islam. Ketiga Dato’ pun dihantar oleh Tenriajeng menghadap La Patiware Daeng Parabung, penguasa Luwu’ ke-15 yang tinggal di Malangke.

Dato’ Luwu’ menerima kehadiran ketiga-tiga Dato’ Minangkabau di dalam istananya dan terjadilah dialog yang panjang. Dialog di bawah ini sebenarnya adalah dialog Syaikh Sulayman Dato’ ri Pattimang kepada Arung Matowa Wajo’ yang terjadi beberapa tahun berikutnya. Namun, dialog mereka seolah-olah dapat mewakili bagaimana perbincangan yang terjadi antara Trio Dato’ tersebut dan La Patiware Daeng Parabung, Sang Dato’ Luwu’:

Ketika Syaikh Sulayman alias Dato’ ri Pattimang datang ke Wajo’, Arung Matowa bertanya mengenai kandungan ajaran Islam kepada Dato’ ri Pattimang. “Engkaulah yang terlebih dulu mengemukakan apa yang menjadi peganganmu,” ujar Dato’ ri Pattimang memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada Arung Matowa Wajo’.

“Dewata Seuwwae adalah Tuhan Yang Tunggal,” kata Arung Matowa. “Dialah yang menciptakan dan Dia juga yang memusnahkan, menghidupkan dan mematikan. Sesungguhnya Dia adalah Tuhan yang tidak ada awal dan akhirnya. Tidak bertempat tinggal. Tidak ada kehendak kecuali kehendak-Nya.”

Bagi dia, pendapat itulah yang dia warisi dari orang bijak Bugis bernama La Mangkace’ To Uddama yang diwarisi secara turun-temurun.

“Saya rasa peganganmu dan kandungan (agamamu) telah bagus, Arung Matowa,” ujar Dato’ ri Pattimang.

“Yang engkau katakan Dewata Seuwwae Tuhan Yang Tunggal, (tidak lain) iaitu Allah Taala. Sesungguhnya tidak ada yang menyamai Dia. Tidak dilahirkan dan tidak beranak. Tidak ada satu pun yang menyamai Dia. Tidak ada yang disembah selain Dia. Tidak ada yang menghidupkan dan mematikan selain Dia,” simpul Sang Dato’ secara jelas.

“Alangkah baiknya engkau membuka (dan meninggalkan) yang Dia larang dan diharamkan oleh Nabi kita Muhammad.”[4]

Setelah diajak beriman melalui proses berfikir tentang hakikat Dewata Seuwwae yang dipercaya orang Luwu’, yang hakikatnya bernama Allah ‘Azza wa Jalla, akal dan hati La Patiware Daeng Parabung luluh. Dia pun melafazkan syahadatnya dan menjadi raja Sulawesi Selatan pertama yang memeluk Islam. Peristiwa ini berlaku pada 15 Ramadhan 1013 / 4 Februari 1605.[5]

Dengan demikian tokoh kunci strategi yang menentukan opini umum seluruh Sulawesi telah dipegang oleh Trio Dato’ Minangkabau. Daeng Parabung ditabalkan oleh Trio Dato’ dengan gelaran Sultan Muhammad Wali Muzhahiruddin, yang bermaksud “yang menampakkan agama secara terang-terangan”.

Ulama-ulama tersebut meminta dukungan Sultan Luwu’ untuk mengislamkan seluruh jazirah. Sang Daeng yang kini disebut “Sultan” itu mendukung penuh, dan merujuk agar Trio Dato’ datang ke dua kerajaan yang menyatukan pentadbiran pemerintahan mereka di Makassar: Gowa dan Tallo’.

Mulai dari titik inilah Trio Dato’ berpisah dan berbahagi tugas. Syaikh Sulayman Dato’ ri Pattimang tetap tinggal di Luwu’ (dan nanti akan ke Wajo’) untuk memperkuat Islam bersama Sultan Luwu’, Muhammad Wali Muzhahiruddin. Syaikh ‘Abdul Ma’mur Dato’ ri Bandang berangkat ke Makassar untuk mengislamkan Karaeng Tallo’ dan Gowa. Manakala Syaikh ‘Abdul Jawad berangkat ke daerah Tiro di Bulukumba, tempat dimana ramai pengamal ilmu kebatinan dan sihir.

Kesan keislaman Dato’ Luwu’ sangatlah dahsyat. Begitu Dato’ ri Bandang sampai di Makassar 8 bulan kemudian setelah keislaman Daeng Parabung, kedatangannya disambut langsung oleh penguasa Tallo’, Karaeng Matoaya I Mallingkaang Daeng Manyonri’. Karaeng Matoaya menyapa Dato’ ri Bandang dengan salam khas Islam, “Assalaamu ‘alaykum wa rahmatulLaah wa barakaatuh.”

Saat itu Khamis petang (8 Jamadilawal 1014 / 22 September 1605). Karaeng Matoaya yang berumur 35 tahun, pada hari yang sama, melafazkan syahadatnya.[6]

Karaeng Matoaya dari Tallo’ segera mengajak Karaeng Gowa, I Mangarangi Daeng Manra’bbia yang masih berumur 19 tahun untuk sama-sama masuk Islam,[7] kerana nenek moyang Gowa dan Tallo’ telah terikat dalam perjanjian: “Hanya satu rakyat tapi dua raja. Kematian bagi mereka yang bermimpi atau menghasut untuk memecahbelah Gowa dan Tallo’” (Ata narua karaeng nibunoi tumassoqnaya angkanaya sisilai Gowa Talloq).[8]

Atau dalam versi Bugis: “Dua raja satu rakyat milik bersama. Satu kebaikan dan keburukan milik bersama. Seiya-sekata” (Duwa Arung na ceddiata cidditomi deceng ja naqduwai-wi naiya napowada).[9]

Sepanjang subuh sampai zuhur pada hari Jumaat, 9 Jamadilawal 1014 / 23 September 1605, Istana Gowa dipenuhi orang untuk menyaksikan diskusi antara Dato’ ri Bandang, Karaeng Matoaya Tallo’, Daeng Manra’bbia sang penguasa muda Gowa, beserta segenap penghuni istana dan instrumen adat Gowa-Tallo’. Diskusi itu ditutup dengan ikrar syahadat Karaeng Gowa sebagai sebahagian dari kaum Muslim. Dato’ ri Bandang segera mengukuhkan Daeng Manra’bbia sebagai Sultan ‘Ala’uddin, “yang meninggikan agama”. Oleh kerana Karaeng Matoaya lebih dahulu bersyahadat pada malam harinya, maka dia digelar sebagai Sultan ‘Abdullah Awwal al-Islam (Hamba Allah yang pertama-tama memeluk Islam).

Keislaman penguasa Gowa dan Tallo’ mengubah seluruh wajah Sulawesi Selatan dalam beberapa dekad ke depan secara drastik. Hanya dalam tempoh dua tahun, berkat sokongan penuh Sultan ‘Ala’uddin dan Sultan ‘Abdullah Awwal al-Islam, Dato’ ri’ Bandang berjaya menjadi wasilah keislaman seluruh rakyat Makassar. Setelah seluruh rakyat dan pegawainya menjadi Muslim, penguasa Gowa dan Tallo’ memberi perhatian kepada raja-raja tetangganya. Jauh sebelum Karaeng Matoaya Tallo’ dan Daeng Manra’bbia Gowa memeluk Islam, mereka beserta seluruh raja-raja di Sulawesi pernah berkumpul dan saling mengikrarkan janji bersama, “Siapa saja yang melihat jalan kebaikan maka akan saling menunjukkan” (Nigi-nigi mita laleng madecceng iyani sijellokeng).[10]

Ikrar tersebut mendorong penguasa Gowa dan Tallo’ agar menyampaikan berita baik ini, di samping kewajipan sebuah Negara Islam memang untuk mengemban dakwah ke seluruh penjuru alam.

Seruan Sultan Gowa disambut baik oleh kerajaan-kerajaan kecil sehingga dakwah berlangsung secara damai. Lain halnya dengan kerajaan-kerajaan Bugis yang kuat seperti Bone, Wajo’, dan Soppeng. Tiga kerajaan ini sejak tahun 1582 sudah membentuk kesatuan bernama Tellumpoccoe. Mereka menolak ajakan tersebut, kerana mengenangkan raja-raja Gowa sebelum Sultan ‘Ala’uddin yang pernah menyerang kerajaan-kerajaan Bugis sehingga menyebabkan luka hati dan penderitaan yang masih belum hilang. Ajakan Gowa untuk menyambut kebaikan Islam dianggap sebagai strategi demi perluasaan kekuasaan Makassar dan merendahkan Tellumpoccoe. Oleh sebab itu, Gowa tidak ada pilihan lain dan terpaksa mengangkat senjata seterusnya mengumumkan jihad untuk menghapuskan penghalang-penghalang dakwah. Tahun 1608 menjadi petanda bermulanya “Perang Pengislaman” (Makassar: bundu’ kasallannga, Bugis: musu’ asellennge). Pada mulanya pasukan Islam Gowa dapat dikalahkan oleh kesatuan Tellumpoccoe di Soppeng. Namun, Gowa dapat membalas kekalahan itu hingga berjaya mem-futuhat Sidenreng pada 1609 dan Soppeng pada tahun yang sama. Wajo’ menyusul pada tahun 1610. Akhirnya, La Tenrirua, Sang Arumpone Bone, menyatakan tunduk pada tahun 1611 dan menyeru rakyatnya untuk mengakhiri peperangan sekaligus menerima Islam.[11]

Catatan kaki:

[1] Christian Pelras, “Religion, Tradition and the Dynamics of Islamization in South-Sulawesi”, 113.

[2] Husnul Fahimah Ilyas, Lontaraq Suqkuna Wajo, 77-79.

[3] Amrullah Amir dan Bambang Budi Utomo, Aspek-Aspek Perkembangan Peradaban Islam di Kawasan Indonesia Timur, 62.

[4] William P. Cummings, A Chain of Kings: The Makassarese Chronicles of Gowa and Talloq, (Leiden: KITLV Press, 2007), 87.

[5] Leonard Y. Andaya, The Heritage of Arung Palakka, 32.

[6] William P. Cummings, A Chain of Kings, 86, 98.

[7] Perjanjian Gowa-Tallo’ dalam logat Bugis, sebagaimana yang dikutip dalam Lontara’ Su’kuna Wajo’. Lihat: Husnul Fahimah Ilyas, Lontaraq Suqkuna Wajo, 86.

[8] Ibid, 90.

[9] Leonard Y. Andaya, The Heritage of Arung Palakka, 34.

Sumber:

tsaqofah.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *